22 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan Penyejuk Mata

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan

Two in One. Dua fungsi dalam satu. Itulah yang bisa didapat kalau kita menempatkan beberapa jenis tanaman ini yang dikenal sebagai tanaman hias pembersih udara dalam ruangan ini.

Tanaman-tanaman yang disebutkan di bawah ini memang akan membuat mata sejuk dan segar, yang tentunya penting terutama bagi mereka yang bekerja seharian di kantor. Tetapi, secara tidak kasat mata, spesies-spesies ini juga menghirup udara kotor di sekitarnya dan kemudian menukarnya dengan oksigen yang bersih dan segar.

Keindahan didapat. Udara segar pun diraih.

Jadi, sebaiknya saat memilih tanaman hias yang akan ditempatkan di dalam kantor atau rumah, pertimbangkan untuk memilih satu daru ke-25 jenis tanaman hias di bawah ini. Tidak rugi dan kebanyakan tidak mahal.

22 Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan

Silakan pilih mana yang Anda suka. Mau yang berbunga cantik dengan warna menyala, atau hijau tetapi murah. Yang manapun kesemua ini akan membantu ketersediaan udara segar di dalam rumah atau kantor.

1) Bunga Krisan atau Chrysanthemum

Nama latinnya cantik, tetapi agak sulit diucapkan, Chrysanthemum. Lebih mudah menyebutnya dengan Bunga Krisan atau Seruni saja. Iya kan?

Nasa pernah meneliti tanaman berbunga yang satu ini dan para peneliti disana menemukan bahwa Bunga Krisan menyerap beberapa jenis polutan berbahaya dari udara, seperti Benzena (kandungan yang biasa ada dalam bensin), Formalin/Formaldehyde, Amonia, dan Xylene.

Keindahannya sendiri jangan ditanya. Dengan warna-warna yang cerah ceria, seperti pink, merah, kuning, Bunga Krisan dipastikan akan memberikan tambahan suasana ceria di dalam ruangan manapun.

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan - Bunga Krisan atau Chrysanthemum

Bunga Krisan

Meskipun demikian, layaknya tanaman berbunga lainnya, jenis tanaman hias pembersih udara dalam ruangan ini memerlukan sinar matahari untuk mengeluarkan bunga. Untuk itulah, sebaiknya, sampai berbunga tanaman ini dibiarkan di taman dulu sampai berbunga. Baru setelah itu dimasukkan ke dalam pot dan diletakkan di atas meja atau sudut ruangan.

Tahukah Anda : Bunga Krisan atau Seruni adalah bunga nasional dari negeri Samurai, Jepang? Habitat aslinya berasal dari Asia dan Timur Laut Eropa.

2) Aloe Vera atau Lidah Buaya

aloe vera atau lidah buaya penghias ruangan yang bisa membersihkan udara

Aloe Vera, namanya unik. Mungkin Anda sudah pernah memakannya? Iya benar, tanaman yang satu ini juga sudah dijadikan makanan dalam bentuk jelly yang banyak dijual. Juga, sejak dahulu tanaman yang aslinya berasal dari jazirah Arab kerap dipergunakan manusia sebagai penyubur rambut. Tambahkan juga kerap dijadikan bahan dasar pembuat kosmetik.

Banyak manfaatnya. Dan, tentunya berguna juga sebagai tanaman hias pembersih udara ruangan.

Memang bentuknya agak kaku, tetapi kalau ditempatkan dalam pot maka tanaman yang dapat tumbuh subur di wilayah tropis ini sangat menyejukkan mata. Apalagi, tanaman ini tidak perlu perawatan yang rumit, cukup keluarkan secara rutin seminggu atau dua minggu sekali keluar ruangan dan disiram, maka ia bisa kembali segar.

Ukurannya pun beragam dari yang mini sampai yang besar. Tingginya bisa mencapai 90-100 cm.

Nama Indonesianya adalah Lidah Buaya karena bentuknya yang agak runcing dengan gerigi di masing-masing sisinya.

Lidah Buaya bisa menyerap Benzena, Formalin, dan beberapa jenis bahan kimia lainnya dari udara.

Tahukah Anda : Getah lidah buaya bisa dipergunakan untuk mengobati luka akibat sengatan matahari?

3) Boston Ferns (Pakis)

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan - Boston Ferns - Tanaman Pakis B

Boston Ferns Kredit Foto : Wikimedia.org

Yah, tanaman ini hanya pakis saja. Tidak mahal dan bisa ditemukan dimanapun. Tetapi, manfaatnya kalau dipergunakan sebagai tanaman hias pembersih udara dalam ruangan bisa berlipat.

Boston Fern atau Pakis Boston terbukti mampu melembabkan udara di sekitar dan akan sangat bermanfaat bagi mereka yang punya kulit kering dan berbagai masalah yang berkaitan dengan cuaca dingin.

Selain itu NASA, Badan Antariksa Amerika Serikat membuktikan bahwa pakis jenis ini merupakan pelahap formaldehida dari udara yang handal. Hal itu menahbiskannya menjadi satu dari 10 Tanaman Hias Pembersih Udara dala Ruangan Terbaik.

Tahukah Anda : Tanaman pakis sudah ada di dunia sejak 400 juta tahun yang lalu?

4) Hebras (Gerber Daisy – Gerbera jamesonii)

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan - Gerber Daisy atau Hebras

Hebras

Hebras namanya dalam bahasa Indonesia, tetapi nama Baratnya adalah Gerber Daisy.

Kehadirannya dalam pot di dalam ruangan sudah pasti akan menyemarakkan suasana mengingat betapa berwarna-warninya tanaman yang aslinya berasal dari kawasan di Afrika sebelah Selatan ini.

Jadi, sebagai penghias tanaman ini tidak diragukan lagi.

Jangan sangka. Kecantikannya juga diiringi kemampuannya menyerap trichloroethylene yang biasa dikeluarkan sabun untuk mencuci di rumah. Jadi, bagusnya ditempatkan di dekat dimana Anda mencuci pakaian.

Tahukah Anda : nama Gerber Daisy atau Gerbera Jamesonii diambil dari nama seorang ahli botani asal Jerman bernama Trauggott Gerber di tahun 1700-an

5) Sansevieria Trifasciata Laurentii (Lidah Mertua)

tumbuhan hias pembersih udara dalam ruangan - sansevieria trifasciata laurentii lidah mertua

Apa kaitannya antara lidah mertua dan ular? Apakah lidah mereka sama bercabang dan berbahayanya? Bukan. Keduanya dipakai untuk satu jenis tanaman yang sama Sansevieria Trifasciata Laurentii.

Tanaman ini dikenal sebagai lidah mertua di Indonesia dan di belahan bumi sebelah Barat disebut dengan snake plant atau tanaman ular.

Bentuknya kaku seperti pedang, runcing di ujung. Dan, bagi sebagian orang kurang sedap dipandang mata, tetapi kalau dipadukan dengan pot yang unik dan media tanam non tanah, pemandangan yang dihasilkan tidak akan kalah dari tanaman hias mahal sekalipun. Keren dan unik.

Terlebih lagi, tanaman ini terkenal sebagai biangnya tanaman hias pembersih udara dalam ruangan karena mampu menyerap berbagai jenis polutan dari udara, seperti arbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, dan dioksin. Gilanya lagi, 5-6 lembar daun tanaman dewasa cukup untuk membersihkan udara di ruangan sampai 100 m3 (meter kubik).

Luar biasa kan.

Tahukah Anda : Menurut tradisi bangsa Cina, meletakkan lidah mertua di sudut ruangan tertentu mendatangkan energi positif dalam bentuk kemakmuran, kepandaian, dan panjang umur. Boleh percaya boleh tidak.

6) Lili Paris (Spider Plant alias Chlorophytum comosum)

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan - spider plant Chlorophytum comosum

Pernah melihat si Lili Paris ini? Sudah pasti karena tanaman ini merupakan salah satu tanaman umum di rumah-rumah. Mudah diurus dan dikembangbiakkan. Bahkan, karena harganya murah, dianggap tanaman recehan.

Tidak pernah menyangka kan namanya sebagus itu, Lili Paris?

Tanaman hias pembersih udara dalam ruangan yang satu ini punya banyak nama keren lainnya, seperti St. Bernard’s Lily, Hens and Chickens, Ribbon Plants, dan Spider Plant.

Nama terakhir, spider plant mungkin mencerminkan daun-daun dari tanaman itu sendiri, yang panjang bak tungkai laba-laba dan posisi daunnya yang menyebar ke segala arah.

Nama latinnya sendiri adalah Chlorophytum comosum, tidak kalah keren kan? Cuma susah melafalkannya.

Sebagai pembersih udara dalam ruangan, si tanaman laba-laba ini mampu menyaring benzena, formalin, karbon monoksida dan xylene dari udara di sekitarnya. Hebat kan? Siapa sangka tanaman yang tidak digubris dan sering tidak diurus, tapi mampu bertahan hidup ini, bisa begitu bermanfaat bagi manusia.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk menaruh satu dua pot, digantung juga OK, di dalam ruangan. Tidak butuh banyak perawatan kok, asalkan 2 minggu sekali disiram dan diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari.

Tahukah Anda : 15 pot tanaman ini dapat membersihkan udara di dalam rumah standar

7) Reed Palm/ Bamboo Palm atau Chamaedorea sefritzii

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan - Bamboo palm Chamaedorea sefritzii

Orang Indonesia mengenalnya cukup dengan kata “Palem”, tetapi nama aslinya sebenarnya keren juga, dan susah dibacanya, Chamaedorea Sefritzii. Silakan coba sendiri membacanya.

Tanaman hias ini dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Reed Palm atau Bamboo Palm.

Habitat asli tanaman ini adalah di kawasan Mexico dan Amerika Tengah yang termasuk tropis. Oleh karena itu, tidak terlalu masalah untuk bisa tumbuh dan berkembang di Indonesia.

Si palem ini mampu menyerap benzene, formalin dan trichloroethylene dari udara dan sebaiknya diletakkan dekat dinding karena juga mampu mengisap zat-zat yang keluar dari cat di sekitar kita.

Tahukah Anda : walau biasanya tanaman palem tahan terhadap sinar matahari, tetapi Bamboo Palm tidak demikian. Justru, tanaman ini sebaiknya berada di tempat yang teduh karena daunnya akan mengering kalau terlalu banyak matahari

8) Sirih Gading (Epipremnum aureum)

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan - sirih gading Epipremnum aureum

Lagi-lagi nama latinnya susah untuk dilafalkan, Epipremnum aureum. Lebih baik tidak mencobanya karena bisa membuat lidah berbelit. Lebih enak menyebutnya dalam versi Indonesia, Sirih Gading.

Namanya mirip dengan daun yang biasa dipakai orangtua zaman dulu untuk “nyirih”, tetapi tanaman ini tidak bisa dipergunakan untuk hal yang sama.

Bukan tanaman mahal dan bisa didapat dengan harga murah di berbagai sentra tanaman hias. Pembiakannya pun mudah sekali, cukup dengan memotong tangkainya dan kemudian benamkan ke dalam tanah basah, dalam beberapa minggu akan keluar tunas baru.

Biasanya dijual dalam pot gantung karena batangnya akan menjuntai. Meskipun demikian, kalaupun di tanah, tanaman ini akan tumbuh subur dan merambat ke segala penjuru.

Nama lainnya pun cukup keren, Golden Photos atau Devil’s Ivy.

Sebagai tanaman hias pembersih udara dalam ruangan, si Sirih Gading terkenal mampu menyerap formaldehida atau yang dikenal dengan formalin.

Murah. Hijau. Tidak susah dirawat. Bila dipadukan dengan pot berwarna cerah, hasilnya akan menyejukkan mata yang melihat.

Tahukah Anda : Tanaman ini banyak terdapat di Australia, Indonesia, Indocina, India, Jepang, Cina.

9) Pohon Naga (Dragon Tree – Dracaena marginata)

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan - dragon tree pohon naga dracaena marginata A

Kredit Foto : House Plant Expert

Tidak menyeramkan sama sekali. Tidak seperti namanya yang kalau dalam bahasa Indonesia berarti Pohon Naga, atau Dragon Tree dalam bahasa Inggris. Dravaena Marginata sangat jauh dari menakutkan layaknya naga.

Tanaman ini kalau sudah tua akan berbentuk batang memanjang dengan helai-helai daun langsing dan runcing menyebar ke segala penjuru. Kerap disebut dengan red-edged dracaena atau dracaena dengan strip merah di pinggir karena daunnya memiliki garis merah sepanjang daun di bagian pinggirnya sementara tengahnya berwarna hijau tua.

Habitat asalnya berada di tepi Samudera India. Tanaman hias pembersih udara dalam ruangan yang satu ini memang diketahui berasal dari kawaasan Barat benua Afrika dan mudah ditemukan di Madagaskar, Mauritius, dan Mozambique.

Meskipun tanaman ini di alam bebas bisa mencapai ketinggian 6-10 meter, tetapi dibutuhkan waktu puluhan tahun untuk bisa mencapainya. Tetapi di dalam ruangan biasanya posturnya akan lebih kuntet, alias tidak tinggi seperti naga.

Menurut hasil penelitian Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, sebagai si penyedot benzene, formaldehyde, xylene and toluene dari udara. Kemampuan yang menasibihkannya sebagai penghias yang juga pembersih udara ruangan.

Tahukah Anda : Sebaiknya jika Anda memelihara kucing atau anjing, si Pohon Naga tidak dijadikan pilihan sebagai penghias ruangan. Daunnya beracun bagi kedua hewan itu dan bisa menyebabkan sakit pada mereka. Padahal, kucing gemar untuk mengunyah daunnya.

10) Dracaena Reflexa si Lagu Dari India

dracaena reflexa si lagu dari india tanaman pembersih udara ruangan

Boleh tertawa mendengar namanya, tetapi memang begitulah masyarakat berbahasa Inggris menamai tanaman yang bernama latin Dracaena Reflexa. Dalam bahasa Inggris namanya adalah The Song of India, Lagu Dari India.

Bukan jenis tanaman langka meski namanya terdengar unik. Tanaman ini bisa ditemukan di banyak pedagang hias dimanapun di Indonesia.

Dan, biasanya spesies ini diletakkan di halaman.  Bermanfaat, tetapi sebenarnya kalau diletakkan di sudut kantor atau kamar lebih bagus lagi karena si Lagu India bisa menyerap formaldehida, xylene, dan trichloroethylene. Para peneliti NASA membuktikan hal tersebut.

Habitat asalnya sama dengan Dracaena Marginata, yaitu di kawasan kering Mauritius, Madagaskar, dan Mozambique.

Tahukah Anda : bagi pecinta kucing dan anjing, sebaiknya menjauhkan hewan kesayangan Anda dari si Lagu India karena kalau daunnya termakan bisa menyebabkan muntah-muntah

11) Beringin (Ficus Benjamina)

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan - Beringin ficus benjamina

Kredit Foto Valley Florist San Jose

Jika Anda percaya mitos, lebih baik tidak perlu menjadikan tanaman yang satu ini sebagai penghias ruangan. Daripada hati selalu tidak tenang dan sebentar-sebentar melirik kanan kiri karena takut ada penampakan, meski sebenarnya merupakan tanaman hias pembersih udara dalam ruangan yang bagus, lebih baik lupakan saja.

Nama tanamannya Ficus Benjamina, nama latin, alias beringin.

Iya kan? Tanaman ini terkenal di Indonesia dengan berbagai cerita mistis, seperti sebagai tempat kumpul kuntilanak atau makhluk halus lainnya. Hal yang sering menutupi bahwa tanaman yang satu ini telah dibuktikan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat, Nasa, sebagai penyerap polutan yang dihasilkan dari karpet, seperti formaldehida, benzena dan trichloroethylene.

Juga, kalau Anda terlalu malas untuk mengurusnya, juga sebaiknya tidak menaruhnya dalam pot di ruangan, karena tanaman ini bisa meraksasa. Butuh tindakan rutin untuk memangkas tanaman ini agar tetap dalam keadaan “mini” alias dibonsai.

Cuma, sayang saja karena rimbunnya daun si beringin ini benar-benar penyejuk mata yang lelah menatap komputer terus menerus.

Tahukah Anda :  Beringin juga dikenal sebagai Ara Yang Menangis atau the Weeping Fig

12)  Azalea (Rhododendron simsii)

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan azalea Rhododendron simsii

Untuk yang satu ini, silakan mau diletakkan di dalam ruangan atau di luar ruangan. Sudah pasti hasilnya juga sama, yaitu orang ternganga dan terkagum-kagum kalau melihat tumbukan bunga berwarna-warni.

Azalea atau nama latinnya, Rhododendron simsii, memang sangat terkenal kecantikan bunganya. Sangat memikat.  Jadi, tanaman ini kalau diurus dengan baik akan mempercantik tempat dimana mereka tumbuh.

Hanya, kalau memang mau memadukan keindahan dan kebersihan udara, Azalea akan berguna sekali, terutama kalau rumah Anda memakai kayu lapis yang mengeluarkan formaldehida. Tanaman ini bisa menyerap zat itu dari udara.

Sudah cantik dan dapat udara bersih. Siapa tidak mau?

Tahukah Anda :  Walau indah, jangan tempatkan bunga Azalea di meja makan atau dapur dimana makanan dimasak atau dihidangkan. Nektar bunga ini diketahui bersifat racun dan bisa berbahaya bagi manusia.

13) Aglaonema (Chinese Evergreen – Sri Rejeki)

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan - aglaonema atau sri rejeki chinese evergreen A

Pernah ingat beberapa tahun yang lalu, antara tahun 2004-2008, saat dimana tanaman hias sedang meraja? Harga tanaman ini digadang-gadang ada yang sampai 100 juta per pot.

Gila kan?

Tentu saja saat itu harganya bukan karena kemampuan tanaman ini membersihkan benzena dan formaldehide dari udara di sekitarnya. Saat itu memang sedang booming tanaman hias ini dan orang-orang tergila-gila pada kecantikannya.

Aglaonema namanya. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Chinese Evergreen meski populasinya kebanyakan berada di daerah tropis, seperti Indonesia.

Orang Indonesia sendiri menyebutnya dengan dua cara, yaitu aglaonema bagi jenis yang merupakan hasil persilangan dan sri rejeki bagi yang masih murni dan berasal dari alam, walau kadangkala disebut juga dengan aglaonema spesies.

Dan, memang cantik sekali tanaman ini kalau dijadikan sebagai tanaman hias indoor. Apalagi ia juga mampu membersihkan udara di sekitarnya.

Silakan cari tanaman hias pembersih udara dalam ruangan ini di pedagang tanaman hias terdekat dan belilah beberapa pot agar ruangan di rumah tampak ceria dan indah.

Tahukah Anda : Tangkai aglaonema akan memanjang dan daun melebar kalau diletakkan di tempat teduh. Hal itu terjadi, seperti layaknya tumbuhan yang membutuhkan sinar matahari untuk hidup. Jadi, walau ditempatkan dalam ruangan, pastikan secara rutin si Ratu Daun ini dikeluarkan secara berkala.

14) Heartleaf Philodendron (Philodendron Oxycardium)

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan - heartleaf philodendron atau philodendron oxycardium A

Kredit Foto diyncrafts.com

Sebelum memajang tanaman ini di dalam ruangan, pastikan bahwa si daun hati ini tidak terjangkau anak-anak dan binatang karena sifatnya yang beracun jika termakan oleh makhluk hidup. Digantung akan lebih baik.

Jangan buru-buru menolak untuk menggunakannya karena masalah itu, spesies ini masuk dalam 10 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan, versi Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA. Pengakuan yang luar biasa karena ribuan tanaman telah diteliti oleh tim khusus untuk melihat performanya.

Salah satu polutan yang dinetralisir oleh si Philo ini adalah formaldehide yang banyak dikeluarkan oleh berbagai kayu lapis yang banyak dipergunakan pada perabotan rumahan zaman sekarang.

Tahukah Anda : Philodendron memiliki dua jenis akar. Yang satu yang berada di dalam tanah dan satu lagi yang menggantung di udara. Akar di udara berfungsi menyerap air (upa air) dari udara

15) Lili Perdamaian (Peace Lily – Spathiphyllum)

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan -peace lily atau lili perdamaian A

Kredit Foto : The Old Farmer’s Almanac

 

Lili Perdamaian ini banyak dipergunakan di Indonesia justru sebagai tanaman hias di jalan dan bukan indoor. Meskipun demikin, ternyata di belahan bumi Barat, Peace Lily merupakan salah satu tumbuhan yang banyak dipergunakan untuk sebagai penghias kantor atau rumah.Namanya memang mengandung kata “Lily”, tetapi sebenarnya tanaman ini berbeda keluarga dari kebanyakan lily. Hanya namanya saja yang mengadopsi kata yang sama.

Tanaman berbunga putih dan berdaun hijau lebar ini merupakan salah satu tanaman hias pembersih udara yang masuk daftar 10 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan Terbaik versi NASA.

Kemampuannya menyerap formaldehid, benzena, trichloroethylene, toluena, dan xilena yang banyak terdapat di udara dalam ruangan tidak lagi disangsikan.

Hanya, pastikan diletakkan di tempat yang tidak terjangkau oleh anak-anak karena bisa menyebabkan iritasi kulit dan bahkan menimbulkan sakit kepala.

Mengurusnya pun sangat mudah dan kurangnya cahaya tidak menjadi masalah bagi tanaman yang memiliki habitat asli di kawasan tropis benua Amerika dan Asia Tenggara ini.

Tahukah Anda : tanaman ini melambangkan kedamaian, kesejahteraan, ketenangan, kesendirian, dan kemurnian

16) Tanaman Payung (Schefflera actinophylla – Umbrella Plant)

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan - Schefflera actinophylla

Kredit Foto : Ambius.com

Tanaman hias pembersih udara dalam ruangan ini di Indonesia pun lebih sering dijadikan sebagai tanaman outdoor. Hal itu tidak mengherankan karena posturnya yang bisa mencapai 15 meter saat dewasa.

Jadi, kalau mau dijadikan tanaman hias indoor haruslah dibonsai dan rutin dipangkas.

Sepsies tanaman ini banyak ditemukan di wilayah Indonesia dan Australia. Namanya beragam mulai dari Queensland Umbrella Tree (Pohon Payung Queensland/Australia), Octopus Tree (karena daunnya mirip tentakel gurita yang menyebar), atau Australia Umbrella Tree.

Termasuk tanaman yang mudah diurus dan tidak rewel. Cukup sekali seminggu menyiramnya di musim kemarau dan 2 kali seminggu di musim hujan.

Si Pohonn Payung ini mampu menyerap benzena dan formaldehida dari udara.

Tahukah Anda : si Pohon Payung menghasilkan buah yang menjadi favorit kanguru di Australia

17)  Saintpaulia Goetzeana / African Violets

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan - african violets a

African violets mirip sekali dengan begonia. Daun lembut dan emnyerupai beludru dan bunga-bunga kecil berwarna-warna cerah.

Kalau melihatnya, sudah pasti mata akan terasa cerah dan gembira. Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa memandang tanaman ini akan memacu adrenalin dan mengalirkan oksigen lebih banyak ke otak dan membuat tubuh terasa segar. Entah benar atau tidaknya, tetapi memang Sanitpaulia merupakan salah satu bunga tercantik.

Dan, yang paling istimewa dari tanaman yang habitat aslinya di Kenya dan Afrika Timur ini adalah merupakan salah satu dari 10 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan terbaik versi NASA. Bukan main-main.

Sama seperti tanaman pembersih udara dalam ruangan yang lain, tanaman cantik ini bisa menyerap berbagai polutan dari udara dan membersihkannya.

Tahukah Anda : Nama latinnya diambil dari nama penemunya Baron Walter von Saint Paul-Illaire yang menemukannya di Tanzania tahun 1892

18. Basil (Selasih – Ocimum basilicum L)

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan - basil atau kemangi A

Boleh percaya boleh tidak. Besar kemungkinan Anda sudah pernah bertemu dengan tanaman yang satu ini. Bukan di dalam pot atau ditanam di halaman melainkan dalam Pizza atau Spaghetti.

Tanaman hias pembersih udara dalam ruangan yang satu ini memang lebih ngetop sebagai bumbu dapur. Bukan hanya di Indonesia saja tetapi juga di berbagai negara Eropa. Wanginya yang khas dan rasanya yang agak pedas membuatnya menjadi salah satu bumbu dapur favorit. Bahkan, ada juga yang menggunakannya sebagai bagian teh herbal.

Ternyata, tanaman ini bila diletakkan di dalam pot bisa indah juga, dan tentunya punya kemampuan menyaring berbagai zat polutan yang ada di dalam ruangan.

Basil atau selasih juga kerap dipergunakan sebagai obat anti depresan , anti bakteri, dan anti septik.

Tahukah Anda : Banyak orang percaya bahwa menanam tumbuhan ini di salah satu bagian ruangan akan membangkitakn gairah cinta, mendatangkan kemakmuran dan keberuntungan, serta kecantikan.

19) Dendrobium atau Anggrek

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan dendrobium atau anggrek

Punya teman yang baru pindah ke rumah baru, berikan kado atau oleh-oleh dalam bentuk dendrobium atau anggrek.

Bagus untuk dijadikan penghias ruangan tentunya, pasti itu dugaan teman Anda. Tetapi, Anda bisa menjelaskan kepadanya bahwa ada manfaat lain dari pemberian Anda itu.

Dendrobium terkenal sebagai tanaman yang mampu menyerap Xylene yang banyak dihasilkan oleh cat. Jadi, dengan kehadiran tanaman ini, tentunya akan membantu mengurangi polutan yang beredar di rumah baru itu.

Pasti teman Anda akan bertambah senang.

Tambahkan lagi dengan info bahwa tanaman ini juga menghasilkan oksigen di malam hari, yang berbeda dengan kebanyakan tanaman yang menghirup oksigen saat malam hari. Tentunya hal itu akan membuat segar udara ruangan hingga malam hari.

Tahukah Anda : Terlalu sayang pada tanaman ini justr bisa membuatnya mati karena biasanya menjadikan kita terlalu sering menyiram. Padahal, tidak perlu demikian, siramlah ketika tanahnya kering.

20) Anthurium

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan - anthurium A

Salah satu jenis anthurium, yaitu versi daun pernah bersama dengan aglaonema merajai dunia tanaman hias Indonesia. Harganya gila-gilaan dimana satu pot bisa ditukar dengan sebuah mobil.

Satu jenis, karena anthurium ada juga dalam versi anthurium bunga dan berbeda nasibnya dengan koleganya yang satu itu, tidak mencorong namanya.

Meskipun demikian, anthurium bunga populer di negara Eropa dan Amerika Serikat karena warna-warna bunganya mencolok dan indah. Salah satu jenis yang menjadi favorit menjadi tanaman indoor atau dalam ruangan.

Kedua kategori anthurium ini, walau berbeda nasib, sebenarnya termasuk tanaman hias pembersih udara dalam ruangan yang handal. Kemampuannya menyerap Ammonia, formalin, toluena, dan xylene dan menggantikannya dengan oksigen sudah terkenal sejak lama. Dan, oleh karena itulah tanaman ini kerap diletakkan dalam ruangan kantor atau rumah.

Perawatannya agak rumit , terutama anthurium daun yang mengandalkan pada keindahan daunnya. Kurangnya cahaya bisa membuat tangkai memanjang dan membuatnya kurang enak dipandang.

Tahukah Anda : Satu pot salah satu jenis anthurium daun, Gelombang Cinta, pernah ditukar dengan sebuah mobil seharga lebih dari 100 juta saat booming tanaman hias di Indonesia

21) English Ivy

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan - english ivy a hedera helix

Tanaman bernama bagus ini dianggap sebagai hama, salah satunya di Washington. Hal itu disebabkan karena perkembangannya yang luar biasa cepat dan selain merusak lahan juga bangunan. Oleh karena itu, di beberapa negara bagian Amerika Serikat penjualan Hedera Helix dilarang.

Meskipun demikian, tanaman rambat ini kalau ditempatkan dalam pot dan kemudian digantung, menyediakan pemandangan hijau yang menyegarkan mata. Harganya pun ternyata lumayan baik di Indonesia atau luar negeri. Di Tokopedia, ada penjual English Ivy, nama umum Hedera Helix, seharga Rp. 50,000.-

Tanaman yang aslinya berasal dari Eropa dan Asia Barat ini memiliki kemampuan menyerap formalin dari udara yang membuatnya menjadi salah satu tanaman hias pembersih udara dalam ruangan yang handal.

Yang terpenting adalah jangan sampai tanaman ini merambat ke tembok atau tempat lainnya dan menjadi hama.

Tahukah Anda :  Tanaman yang juga bernama European Ivy ini memiliki manfaat lain untuk pengobatan, seperti sebagai penawar racun, dan untuk asma.

22) Pakis Pedang (Polystichum munitum)

tanaman hias pembersih udara dalam ruangan - pakis pedang Polystichum munitum A

Bukan tanaman hias yang langka dan sebenanrya ketersediaannya banyak dimana saja. Hanya, ketika ditanam ke dalam pot dan kemudian diletakkan di salah satu sudut ruangan, pemandangannya akan sangat menyegarkan dan menyejukkan mata.

Tanaman yang aslinya berasal dari Amerika sebelah Utara ini tidak menyukai cahaya matahari yang terlalu banyak dan lebih suka tempat yang teduh. Dan, sebagai tanaman hias indoor maka sangatlah cocok.

Apalagi, tanaman ini mampu menyerap formalin yang keluar dari cat.

Nama Pakis Pedang berasal dari terjemahan namanya dalam bahasa Inggris Western Fern atau Pakis Pedang dari Barat

Tahukah Anda : berdasarkan fosil , tanaman pakis seperti ini sudah ditemukan sejak 400 juta tahun yang lalu

(Baca Juga : Mencari Sumber Energi Alternatif Untuk Menjaga Kelangsungan Umat Manusia)

Dan, tinggal Anda yang menentukan pilihan mana yang terbaik dan sesuai dengan selera. Yang manapun yang dipilih, ke-22 tanaman ini akan memberikan nuansa hijau dalam rumah atau kantor Anda. Sesuatu yang pastinya akan menyejukkan mata dan menghadirkan perasaan segar di tengah hari yang sibuk.

Selamat memilih.

Sharing is caring!