Apa Yang Dimaksud Sampah Organik? Mengapa Ramah Lingkungan?

Apa Yang Dimaksud Sampah Organik - Mengapa Ramah Lingkungan

Sampah organik adalah sampah atau limbah yang berasal dari makhluk hidup yang ada di dunia, seperti tumbuhan, hewan, manusia, atau berbagai turunan dan hasil olahan dari hal-hal itu. Sampah jenis ini akan terurai secara alami dengan bantuan bakteri pembusuk yang ada di alam.

Proses penguraian sampah organik pun lebih pendek dibandingkan dengan sampah anorganik.

Sebagai perbandingan :

  1. Daun-daun (organik) hanya butuh paling lama 6 bulan untuk terurai jika dikubur ke dalam tanah, hasil penguraiannya pun tidak akan mencemari tanah dan sekitarnya
  2. Botol plastik bekas air mineral akan butuk 10-50 tahun kalau cara yang sama diterapkan dan hasil proses penguraian berbahaya bagi tanah karena mengandung zat kimia pencemar

Itulah mengapa sampah organik termasuk sampah yang ramah lingkungan. Apalagi selain tidak mencemari tanah, hasil pelapukan sampah organik pun justru bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan tanah dan memperkaya kandungan zat hara. Hal seperti inilah yang kemudian dimanfaatkan manusia dengan cara membuatnya menjadi kompos.

Meskipun demikian, penanganan sampah jenis inipun tetap harus dilakukan secara hati-hati karena dalam proses pembusukannya, sampah organik akan melepaskan has metana (CH4) yang mudah terbakar.

Di Indonesia sudah ada beberapa kasus ketika tumpukan sampah yang tidak ditangani dengan baik, menimbulkan ledakan yang menimbulkan korban jiwa.

Contoh-contoh sampah organik

Ada banyak di sekitar kita, seperti :

  • daun-daun yang berguguran
  • kulit pisang, kulit jeruk
  • bangkai hewan
  • nasi yang dibuang
  • telur dadar yang tidak dimakan
  • ranting-ranting pohon
  • kue bolu, donat, susu
  • dan sebagainya

(Baca juga : Iberian Lynx, si kucing cantik yang terancam punah)

Ada beberapa sampah organik yang membutuhkan waktu lama untuk terurai tetapi tidak berbahaya bagi lingkungan, seperti tulang hewan, yang karena strukturnya berbeda dengan daging membutuhkan waktu lebih lama untuk terurai.

Itulah yang dimaksud dengan sampah organik dan mengapa termasuk limbah yang ramah lingkungan.

Sharing is caring!